Oleh: noberic | Oktober 5, 2008

Puasa

Macam-Macam Puasa Sunat

1. Puasa 6 hari di Bulan Syawal

hadits nabi yang diriwayatkan oleh jamaah ahli hadits, kecuali Bukhari dan nasa’i, dari Abu Aiyub al-Anshari bahwa nabi bersabda yang artinya:

“Barang siapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan lalu diiringinya dengan enam hari bulan syawal, maka seolah-olah ia telah berpuasa sepanjang masa”

2.  Puasa Tanggal 10 Dzulhijjah

Dari Abu Qatadah r.a bahwa  Rasulullah saw Bersabda: yang artinya” Puasa pada hari ‘arafah,        dapat menghapuskan dosa selama dua tahun, yaitu tahun yang berlalu dan tahun yang akan datang. dan pusa hari ‘asyura menghapuskan dosa tahun yang lalu”.

( diriwayatkan oleh jamaah kecuali Bukhari dan Turmudzi)

3. Puasa pada bula Muharam, Muakadnya puasa ‘Asyura dan sehari sebelum serta sehari sesudahnya

Hari ‘Asyura yaitu tanggal 10 Muharam, Jadi Pusa sunat yang utama pada bulan Muharam Yaitu Tanggal 9, 10 dan 11 Muharam.

Dierima dari Abu Hurairah, katanya:

Yang artinya” Ditanyakanorang kepada Rasulullah saw : ” Shalat manakah yang lebih utama setelah shalat fardhu?” Ujar nabi: ” Yaitu shalat tengah malam“. Tanya mereka lagi: ” Puasa manakah yang lebih utama setelah puasa ramadhan?” Ujar Nabi: ” Puasa pada bulan Allah yang kamu namakan bulan Muharam“. ( Riwayat Ahmad, Muslim dan Abu Daud).

4. Berpuasa Pada Sebagian Besar Dari Bulan Sya’ban

Rasulullah saw biasa berpuasa pada sebagian besar dari bulan sya’ban. Aisyah r.a Berkata:

Yang artinya:” Tidak Kelihatan oleh saya Rasulullah saw melakukan puasa dalam waktu sebulan penuh kecuali pada bulan Ramadhan , dan tidak satu bulan pun yang hari-hari nya lebih banyak dipuasakan Nabi dari pada bulan Sya’ban“. ( Riwayat Bukhari dan Muslim )

5. Puasa Pada Bulan-Bulan Suci Yaitu Bulan Dzulka’dah, Dzulhijjah, Muharam, dan Rajab

6. Puasa Senin Dan Kamis

Diterima dari Abu Hurairah:

Yang Artinya:”  Bahwa Nabi saw lebih sering berpuasa pada hari senin dan kamis, lalu ditanyakan orang padanya. Maka ujarnya : ” Sesungguhnya  malam-malam itu dipersembahkan pada setiap hari senin dan kamis, maka Allah berkenan mengampuni setiap muslim, kecuali dua orang yang bermusuhan, maka firman Nya: ” Tangguhkanlah kedua mereka itu !”. ( riwayat Ahmad dengan sanad yg sah)

7. Berpuasa Tiga Hari Setiap Bulan

Berkata Abu Dzar al-Gaffari:

yang artinya: ” Kami dititah Rasulullah saw agar berpuasa sebanyak tiga hari setiap bulanyakni pada hari-hari cemerlang : tanggal 13,14, dan 15. sabdanya, bahwa itu seperti berpuasa sepanjang masa”.

( Riwayat Nasa’i dan disahkan oleh Ibnu Hibban)

8. Berpuasa Selang Seling

Puasa selang seling yaitu puasa  seperti puasanya nabi Daud. Yaitu Puasa Sehari kemudian besok nya Tidak Puasa , kemudian lusa nya Puasa lagi, dan seterusnya seperti itu.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: